Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang...

Senin, 02 September 2013

Celotehku 2012-2013

Awal Yang Menakjubkan...!!!

Hari itu hari senin, sekolah mulai kembali aktif. Seperti biasa sebelum masuk kelas dihari pertama kami mengadakan apel sederhana yang berisi perkenalan dengan guru-guru kepada siswa baru. Namun sayangnya aku tidak bisa ikut berbaris dilapangan bersama dengan guru-guru yang lain. Sebuah kecelakaan kecil menimpaku. Sebuah mobil sania berwarna biru kehijau-hijauan menabrakku yang sedang mengendarai matic tercinta dengan seorang teman. Akibatnya kaki kananku tidak dapat berfungsi dengan baik karena bengkak dan tidak bisa berjalan dengan sempurna. Kecelakaan yang mengharukan untukku. Tepat 2 minggu sebelum Ramadhan 2012 datang dimana orang tuaku paginya baru saja berangkat ke Jawa untuk ziarah. Ketika kecelakaan terjadi tak ada seorang keluargapun yang bisa ku hubungi karena ayah sdg pergi dan rasanya berat sekali untuk menghubungi kakak iparku. Mbak isti yang menghubungi teman-teman disekolah, Alhamdulillah dengan sigap teman-temanku di Bina Ilmi datang membantuku yang sedang bingung dan syok berat. 
Me and Friends...
Aku tak menyangka Allah masih memberikan kesempatanku to hidup. Saat itu aku benar-benar merepotkan banyak orang. Bayangkan dirumah ayukku harus mengasuh 2 orang anaknya yang masih kecil ditambah aku yang tidak bisa berbuat apa-apa. Aku hanya merepotkan saja.Disekolah,harusnya aku mempersiapkan kelas baru dengan mendisplay dan merapihkan kelas tapi karena kondisiku beberapa hari aku tidak bisa masuk. Pun ketika akau masuk hal yang bisa aku lakukkan hanya melihat. Lantai 2 begitu terasa berat ku daki. Tapi aku sangat bersyukur ada teman2 semua yang menolongku. Mengangkat buku-buku dari lantai satu ke lantai dua. Membantuku untuk berbelanja dan semuanya jadi terasa lebih mudah. Di KGC pun harusnya aku bisa aktif to ikut hadir dirapat-rapat tapi karena kondisi tidak memungkinkan aku tidak bisa berbuat banyak. Alhamdulillah saudara-saudaraku memaklumi dan bersedia rapat dialihkan dirumah. Subhanallah, Aku benar-benar merasakan manisnya ukhuwah. “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”. Sebaik-baiknya pertolonganadalah Pertolongan Allah saja. Itu adalah keajaiban Ramadhan 2012 untukku.


FATHONAH

“Shiddiq, Amanah, Tabligh, Fathonah” Inget lagu masa kecil....
Salah satu sifat wajib bagi Rasul adalah Fathonah, CERDAS. Bagaimana seorang rasul akan memimpin umat manusia bila tidak memiliki sifat cerdas. Para ahli sirah nabawiyah juga banyak menyampaikan betapa cerdasnya Rasulullah. Cerdas saat menjadi pemimpin perang dan pemerintahan, cerdas memimpin rumah tangga dan cerdas disemua sisi kehidupan Rasulullah.


Fathonah's Family
Tahun 2012-2013 aku memasuki kelas Cerdas, maksudnya kelas yang Artinya Cerdas,Fathonah. Aku naik kelas dari level sebelumnya. Kalau tahun lalu aku dapat amanah dilevel 2 dan tahun ini aku mendapat tantangan baru yaitu level 5. Awal yang sulit untukku karena memasuki level 5 pasti akan sangat berbeda dengan level 2. Anak-anak dikelas  5 tidak mungkin bisa aku ajak bernyanyi dan cerita-cerita seperti di kelas 2. Dibenakku anak-anak kelas 5 pasti sudah sangat dewasa, aku pasti harus selalu serius setiap hari. Oh amat sangat jauh dari karakterku...

Dengan kaki dan kondisi tubuh yang tidak cukup baik aku bertemu dengan ananda-ananda baru. Sungguh dengan kondisi yang tidak baik itu membuat aku secara psikis pun tidak baik, untuk memulai berbicara dengan mereka pun aku bingung namun dengan segenap kepasrahanku pada akhirnya terlewati juga. Mengenal ke 19 anak-anakku yang baru. Memang sedikit berbeda dengan wajah unyu-unyu kelas 2 yang lalu aku tapi ananda kali ini pun tak jauh spesialnya untukku. Ya setiap level punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ternyata mereka tak kalah manisnya dengan anak2ku sebelumnya. Aku bertemu dengan Shafira, Ririn, Julia, Adinda, Aisyah, Della, Dilla, Ajeng, Rani, Dafa, Ikhsan, Ahmad, Wira, Haqqy, Rizky, irfan, Ilban, Raihan, Abin.


Dilevel ini aku sendiri tidak ada pendamping seperti dilevel 2 setidaknya aku bisa membangun duniaku semauku diruang kelasku tanpa ada yang harus aku sakiti nantinya. Alla lah yang maha tau bagaimana kecerobohanku dan kekurangan yang ada padaku, bersyukurnya aku dkelilingi orang-orang berhati emas yang mau terus mensupport dan memaklumi segala kekuranganku.

Kejutan Kecil, Kebahagiaan Besar...!!!

Memasukki dunia anak-anak yang penuh dengan warna bak kilau semangat sang surya, begitu indah. 
04 November 2012 yang jatuh pada hari Minggu tidak mematahkan semangat anak-anaku untuk memberi kejutan kecil kepada bundanya ini. Padahal kebersamaan kami baru 3bulan lamanya. Hari itu Senin,05 November 2012  sebuah kejutan kecil dari anandaku tercinta diusiaku yang ke 24th,... Sebuah pesta kecil aku terima dengan penuh kejutan. Perjuangan mereka mengumpulkan uang hanya untuk membeli cake dan merayakan hari ulang tahunku membuatku terharu. Bahagianya melihat tawa mereka lebih dari segalanya. Mengubur semua keletihan karena tugas sekolah dengan administrasi dan amanah yang ada. Ditambah sebuah bingkisan kecil dari mereka, sebuah Boneka Gajah dengan warna yang ku suka. Bahagia dan Lucunya...


Colourfuuuul…

Warna-warni Kelas 5 Fathonah tak hanya sampai disitu,banyak hal yang tidak bisa kusebutkan satu persatu. Ketika aku marah dan ingin memberi kesadaran kepada mereka tentang artinya tanggung jawab dan kesadaran. Sebuah kejutan kecilpun aku terima dalam sebuah permohonan maaf disecarik kertas dan dipapan tulis. Menggugah hati ini... Wajah-wajah polos mereka memang tak pernah bisa membuatku marah.
Didalam kepenatan hari-hari, berjibaku dengan amanah dan kerja yang rasanya tak ada habisnya bagi melihat mereka dalam beraktifitas dapat menggugurkan semua kepenatan itu. Anak-anak yang tidak ada capeknya. Mereka yang penuh dengan warna, ada yang kalem, ada yang periang, ada yang super aktif. Ada saja tingkah mereka dari yang membuat marah, makan bersama, ngerumpi bersama hingga buka kontak jodoh untuk bundanya. Selalu mengundang tawa. Aku juga belajar bagaimana mereka saling perhatian satu sama lain. Ketika yang satu harus menerima hukuman karena kesalahannya maka yang lainnya cepat-cepat membantu agar saudaranya tidak mendapat hukuman. Aku belajar kasih sayang. Aku belajar tanggung jawab dari mereka sebagai konsekuensi dari apa yang mereka lakukan. Aku belajar melupakan yang terjadi kemarin dan menyambut hari baru. Aku belajar kompetisi yang sehat dan aku belajar bagaimana ceria.
Yel-Yel…
                (Tone : Terimakasih Guru)
Kelasku kelas Fathonah
Pintar dan Bersemangat
Kelasku Selalu Rapih dan Bersih
Guruku Bunda Sri
Yang Selalu Membimbingku
Di Kelas 5 Fathonah
Kelas Fathonah…!!!
Brilliant, Cheerful and Wonderfuuuuuulll….!!!
Allahuakbar!!!

Perpisahan Kelas Yang Mengharukan...



Hari itu kamis,11 Juli 2013... Hari terakhir masuk dalam kegiatan belajar mengajar dikelas V Fathonah karena hari itu hari terakhir ujian akhir dikelas 5. Sebuah Vidio karyaku berisi kegiatan dan foto-foto mereka yang tanpa sengaja ku dokumentasikan satu persatu. Foto-foto mereka yang beraktifitas dari yang cantik dan keren habis sampe memalukan. Foto-foto kebersamaan kami selama 1 tahun itu memberikan kesan yang sedikit berbeda dari mereka, dengan sedikit instrument music membuat suasana bertambah haru biru. Banjir air mata. Semuanya mengalir begitu saja, tak ada skenario khusus hingga sebuah pelukkan hangat dari mereka (ananda akhwat) kuterima. Sedih mengenangnya. Aku tak menyangka kebersamaan kami satu tahun itu cukup membekas dihati mereka. “Ananda-anandaku tercinta semoga engkau selalu bahagia, sukses dalam setiap langkah dan selalu menjalankan perintah Tuhannya.”

Keputusan Tetap Keputusan

Kamis, 29 September 2013, dimana semua berkumpul mendiskusikan hasil evaluasi belajar selama 1 tahun. Harus ku akui aku cukup berani, dengan airmata dengan kekuatan Basmallah apa yang terjadi siang itu berbeda dari bayanganku semalam. Ya keputusan dengan airmata hanya bisa diikuti dengan kata Maaf nak…





Perjalanan itu terasa sangat singkat, kebersamaan itu terasa sangat cepat. Bersama dengan mereka yang dengan senyum, tangis dan tawa. Do’aku semoga mereka sukses, bahagia dan ceria selalu… ^___^





Palembang, on my sweet room
Written on July 2013



_Ad Dhoif_


Tidak ada komentar: